Kamis, 16 Februari 2017

Bawang Putih Tunggal

Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tungal atau yang juga sering disebut dengan bawang putih lanang merupakan salah satu jenis bawang putih. Pada umumnya, bawang putih terdiri dari beberapa siung, namun bawang putih tunggal hanya terdiri dari 1 siung (tunggal). Berbeda halnya dengan bawang putih pada umumnya yang sering digunakan untuk memasak, bawang putih tunggal tidak pernah digunakan untuk memasak. Bawang putih tunggal lebih sering digunakan sebagai bahan obat herbal. Karena khasiatnya yang sangat beraneka ragam, banyak orang mengkonsumsinya meski bau dari bawang putih tunggal ini sangat menyengat.

Kandungan Nutrisi dalam Bawang Putih Tunggal
Bawang putih tunggal mengandung berbagai senyawa nutrisi yang dipercaya dapat menangkal berbagai jenis penyakit. Bawang putih dalam dunia medis sering digunakan untuk penangkal kolesterol tinggi. Begitu pula dengan bawang putih tunggal. Bawang putih tunggal juga berkhasiat sama karena bawang putih tunggal memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan bawang putih, hanya saja kadarnya memang lebih besar jika dibandingkan bawang putih pada umumnya. Berikut ini kandungan senyawa nutrisi yang ada dalam bawang putih tunggal.
  1. Minyak Atsiri, atau disebut juga dengan minyak eterik. Minyak ini  merupakan salah satu jenis minyak nabati yang memiliki aroma khas dan mudah menguap. Minyak atsiri memiliki sifat antibakteri dan antiseptik.
  2. Allicin, merupakan senyawa thiosulfinate. Allicin memiliki sifat yang tidak stabil, mudah menguap dan sulit dilarutkan dalam air. Akan tetapi, allicin memiliki kemampuan untuk menekan pertumbuhan jamur, bakteri dan bahkan virus.
  3. Kalsium, merupakan salah satu senyawa kimia yang sangat dibutuhkan tubuhh, manfaat kalsium memiliki peranan dalam kinerja metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, membantu kinerja jantung dan membantu pergerakan otot.
  4. Saltivine, merupakan salah satu senyawa yang sering ditemukan dalam bawang putih. Saltivine merupakan senyawa yang dapat mempercepat pertumbuhan sel dan juga jaringan. Juga mampu merangsang susunan sel saraf.
  5. Diallysulfide, alilpropil-disulfida, merupakan senyawa anti cacing.
  6. Beleran g, merupakan zat yang memiliki bau tajam. Pada bawang putih tunggal, belerang adalah salah satu kandungan senyawa yang terdapat dalam allicin sehunggan tercium bau yang sangat menyengat.
  7. Protein, merupakan salah satu senyawa yang terdiri atas kumpulan zat dan molekul seperti oksigen, hidrogen, nitrogen, fosfor, karbon, sulfur dan juga asam amino. Manfaat protein merupakan salah satu sumber bagi tubuh selain karbihdrat dan lemak.
  8. Lemak, merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. Lemak merupakan senyawa yang terdiri atas zat-zat dan  molekul seperti oksigen, karbon, hidrogen, asam lemak, sterol, monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid dan terpenoid.
  9. Fosfor, merupakan senyawa yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi.
  10. Zat besi, manfaat zat besi merupakan senyawa penting yang berguna untuk pembentukan sel darah merah.
  11. Vitamin  A, B1 dan C, Vitamin A berperan dalam membantu kesehatan penglihatan (mata). Vitamin B1 sering juga disebut thiamin. Vitamin B1 berperan dalam proses pemecahan lemak dan protein. Vitamin c sering ditemukan dalam berbagai jenis buah. Vitamin berperan untuk fungsi imunitas dan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.



Info lebih lanjut / Cara pemesanan :
Bawang Hitam Matinco Gresik
WA 081217017797
BBM D10C0D3E